Rabu, 04 September 2019

6 Cerita Sukses Entrepreneur Indonesia Yang Memberikan inspirasi


Oke, kesempatan ini kita akan ulas tentang cerita sukses beberapa entrepreneur. Terutamanya entrepreneur local kita loh. Kita akan ulas latar mereka, kita kupas habis. Baca yuk artikel berikut ini! andy soewatdy bisa menjadi solusi untuk kamu.

Entrepreneur Sukses #1: William Tanuwijaya – Tokopedia
William Tanuwijaya dilahirkan pada tanggal 11 November 1981. Sesudah tamat SMA, beliau merantau ke ibukota untuk meneruskan pendidikan.

William Tanuwijaya selanjutnya ambil pendidikan di Kampus Bina Nusantara (Binus), jurusan Tehnik Informatika.

William selanjutnya kerja sambilan jadi penjaga warnet, dimana beliau selanjutnya mendapatkan penambahan pendapatan serta internet gratis. Dari sinilah William pertama-tama kenal internet lebih dalam.

Cerita kesuksesan bersambung waktu beliau kerja di sejumlah perusahaan software developer serta game developer, bahkan juga di perusahaan jual beli online KafeGaul.

Dengan pengetahuan serta pengalaman yang sudah diperolehnya, William ajak satu diantara partnernya bernama Leontinus Alpha Edison, meniti Tokopedia.com pada tanggal 6 Februari 2009 yang selanjutnya launching pada 17 Agustus 2009.

Tanpa ada memerlukan waktu lama, Tokopedia memperoleh suntikan investasi pada tahun pertamanya serta dikukuhkan jadi startup e-commerce paling baik di Indonesia oleh Bubu Awards.

Sekarang, Tokopedia jadi satu basis paling besar yang menyambungkan penjual serta konsumen dengan proses jual beli yang aman, nyaman serta praktis.

Entrepreneur Sukses #2: Achmad Zaky – BukaLapak
Achmad Zaky lahir pada 24 Agustus 1986 di kota Sragen, Indonesia. Beliau ialah lulusan tehnik informatika dari Institut Tehnologi Bandung pada tahun 2004.

Ketertarikannya dengan dunia informatika terlihat semenjak kursi SD, serta dapat dibuktikan dari kemenangannya di beberapa kejuaraan serta olimpiade sepanjang mengenyam pendidikan.

Sesudah lulus dari ITB, Achmad Zaky membangun perusahaan layanan konsultasi tehnologi bernama Suitmedia. Zaky membuat suatu web sebagai project internal perusahaan. Project tersebutlah sebagai asal keberhasilan Achmad Zaky pendiri bukalapak.com.

Sesudah mengakhiri peningkatan Bukalapak.com yang dituntaskan cuma dalam kurun waktu dua bulan, Achmad Zaky ajak beberapa pedagang mall serta UMKM untuk masuk di Bukalapak.com.

Tidak diduga ajakan ini mendapatkan tanggapan benar-benar positif, serta jadikan Bukalapak.com tenar dalam waktu cepat.

Bersamaan dengan perkembangan yang benar-benar cepat, permodalan dari investor sering banyak yang datang.

Beberapa investor yang tertarik mendanai bukalapak.com diantaranya ialah 500 Startups, Batavia Incubator, IMJ Investment, dan Elang Mahkota Tehnologi Tbk (EMTEK Grup).

Entrepreneur Sukses #3: Ferry Unardi – Traveloka
Pendiri Traveloka Ferry Unardi, lahir pada 16 Januari 1988 di kota Padang.

Sesudah mengakhiri pendidikan di sekolah menengah, Ferry putuskan untuk meneruskan pendidikan tinggi di Purdue University jurusan Computer Science and Engineering.

Sesudah mengakhiri pendidikan S1, beliau putuskan untuk kerja di Microsoft, Seattle. Dengan tingkat kompetisi yang tinggi, Ferry memandang jika profesinya di Microsoft akan susah naik.

Beliau selanjutnya putuskan untuk berhenti kerja serta meneruskan studinya.

Sekalian jalani studi di Harvard University, Ferry Unardi tertarik untuk meningkatkan perusahaan rintisan (startup). Beliau pilih bagian mesin perayap ticket pesawat.

Sebab inspirasi berikut, lahir Traveloka, startup di bagian reservasi ticket yang termasuk baru serta langsung mengundang perhatian beberapa investor.

Selama ini, Traveloka telah memperoleh permodalan dari beberapa perusahaan modal ventura (venture capital).

Permodalan pertama datang dari East Ventures pada tahun 2012 serta Global Founders Capital pada tahun 2013.

Entrepreneur Sukses #4: Nadiem Makarim – Gojek
Di balik keberhasilan GoJek, nyatanya ada figur pendiri yang bernama Nadiem Makarim yang lahir pada 4 Juli 1984.

Beliau sudah sempat jalani pendidikan SMA di Singapura, pendidikan sarjana di International Relations di Brown University Amerika Serikat, dan pendidikan master di Harvard Business School.

Dengan latar pendidikan yang mengagumkan, beliau selanjutnya kerja dalam suatu perusahaan konsultan Mckinsey & Company, Managing Editor di Zalora Indonesia, paling akhir jadi Chief Innovation officer di Kartuku.

Tetapi tidak senang sampai dari sana, Nadiem membangun PT GoJek Indonesia, penyuplai layanan transportasi ojek di Indonesia yang berkembang cepat sesudah aplikasi ponselnya dikeluarkan pada awal 2015.

Semula berdirinya GoJek ialah inspirasi Nadiem yang lihat persoalan penting pengendara ojek, yakni tidak produktifnya tukang ojek sebab sering mangkal menanti penumpang.

Ini berlangsung sebab terdapatnya giliran dalam layani penumpang.

Dari situlah Nadiem membuahkan pengembangan yang dapat menyambungkan penumpang serta pengendara ojek hingga dapat terima order setiap saat dimanapun tak perlu mangkal.

Sekarang, GoJek sudah menunjukkan prestasi yang mengagumkan, paling tidak ada lebih 10 ribu supir ojek yang terhimpun dalam GoJek.

Satu diantara sumber penambahan yang mencolok sebab terdapatnya aplikasi berbasiskan Android.

Keinginan Nadiem Makarim pendiri GoJek ialah, perusahaannya PT GoJek Indonesia terus menolong dan layani semua warga Indonesia dimana saja mereka ada.

Entrepreneur Sukses #5: Hendy Setiono – Baba Rafi
Kebab Baba Rafi dibangun semenjak tahun 2007 serta berpusat di Jakarta, dengan jumlahnya outlet yang sebelumnya cuma 2 sekarang sudah berkembang sampai 1.200 outlet di penjuru dunia.

Hendy Setiono, pria asal Surabaya itu mendapatkan inspirasi kuliner ala timur tengah ini waktu tengah bertandang ke Qatar. Ia lihat jumlahnya warung kebab dari sana, serta berpikir jika kuliner itu mempunyai kekuatan besar untuk berkembang di Indonesia.

Untuk merealisasikannya, ia bekerja bersama dengan Hasan Baraja untuk meningkatkan usaha kuliner itu bermodalkan awal sebesar Rp4.000.000 saja.

Sesudah berjalan sepanjang 14 tahun, sekarang Baba Rafi telah meningkatkan sayapnya sampai ke luar negeri, seperti Malaysia, Filipina, China, serta Sri Lanka. Hendy mengutarakan jika ia masih ingin memperluas upayanya ke beberapa negara yang lain di penjuru dunia.

Perubahan Kebab Baba Rafi tidak berhenti sampai disana, dapat dibuktikan dari terbentuknya pelebaran usaha Hendy Setiono, yakni Babarafi-online.com.

Babarafi-online.com adalah sisi dari PT Baba Rafi Indonesia yang bergumul dalam usaha Kebab Turki Baba Rafi.

Dengan pelebaran ini, sekarang ada kesempatan usaha waralaba Baba Rafi yang terbuka buat beberapa calon pelaku bisnis yang ingin mengawali upayanya.

Dengan begitu, Hendy Setiono telah jadi satu diantara perintis waralaba asal Indonesia yang sukses mendunia.

Entrepreneur Sukses #6: Jason Lamuda – Berrybenka.com
Jadi seseorang pelaku bisnis di bagian digital, beberapa rintangan besar akan tetap mendekati setiap waktu.

Beberapa masalah kemungkinan besar dihadapi oleh beberapa pelaku bisnis startup, khususnya mereka yang mempunyai tingkat kompetisi yang tinggi sekali.

Hal sama dihadapi oleh Jason Lamuda, yang sukses jalankan bisnisnya sampai bisa bertahan serta berkembang dengan cepat seperti saat ini.

Jason Lamuda, Pria yang mengakhiri gelar master di Columbia University untuk jurusan Financial Engineering ini, malah memulai karirnya di McKinsey & Company semenjak bulan Agustus 2008.

Kerja jadi Business Analyst sepanjang 2 tahun, Jason pada akhirnya keluar dari McKinsey & Company serta putuskan untuk mengawali bisnisnya di bagian digital.

Jason tunjukkan keahliannya dalam membuat satu usaha digital dengan membangun Berrybenka serta melalui keberhasilannya di dunia usaha. Tidak butuh waktu yang lama, Berrybenka berkembang dengan benar-benar cepat serta alami perkembangan usaha yang mengagumkan.

Jason selanjutnya memperluas jangkauan pasar Berrybenka lewat cara menyiapkan bermacam kelompok produk yang lebih variasi, misalnya: make-up, kecantikan, serta bahkan juga beberapa apparel olahraga.

Ini pasti bisa menjadi satu nilai jual Berrybenka di tengahnya ketatnya kompetisi antara usaha online yang berkembang di Indonesia.

Jason Lamuda mengutarakan jika dianya selalu memperluas bidang usaha Berrybenka, serta membidik bidang fashion pria untuk peningkatan yang akan datang.

Nah, sesudah membaca narasi inspiratif entrepreneur sukses dari Indonesia, apa kalian tertarik jadi entrepreneur sukses ? Tentunya dong ya. Jika demikian antara 5 entrepreneur sukses di atas siapa yang ingin kamu contek? Jika ingin jadi entrepreneur serta membuat perusahaan dapat loh coba produk software HR kita. Software HR kita ialah yang paling baik di Indonesia. Jojonomic menyiapkan satu diantara produk yakni JojoPayroll. Dimana JojoPayroll ini ialah pengupahan online yang sistemnya telah terpadu dengan PPH21, BPJS Kesehatan serta BPJS Ketenagakerjaan. Jadi, HRD tidak butuh mengalkulasi dengan manual memakai excel untuk mengalkulasi upah. Oiya, jika ingin coba demonstrasi gratisnya dapat click link ini ya JojoPayroll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar