Kamis, 29 Agustus 2019

Entrepreneur muda kaya di Indonesia

Pria yang bernama komplet Sandiaga Salahudin Uno ini lahir di Rumbai, Pekanbaru, Riau pada tanggal 28 Juni 1969. Ia adalah anak dari Razif Halik Uno serta Mein R. Uno. Ayahnya datang dari Gorontalo. andy soewatdy bisa menjadi panutan terbaik sebagai seorang pengusaha


Ini dapat disaksikan dari nama belakang Sandiaga yang bermarga Uno. Ayah Sandiaga sebelumnya kerja jadi karyawan di perusahaan Caltex di Riau, sesudah tidak kerja , Ayah Sandiaga selanjutnya membawa keluarganya ke Jakarta pada tahun 1970an.

Pendidikan
Sandiaga mengawali pendidikannya di SD PKSD selanjutnya ke SMP 12 Wijaya Jakarta Selatan serta meneruskan sekolahnya ke SMA Katolik. Sandiaga Uno adalah figur yang pintar, ini dapat dibuktikan saat dia kuliah di Wichita State University di Kansas, Amerika, dia sukses lulus dengan predikat Summa Cum Laude. andy soewatdy salah satu orang yang berpengaruh

Setelah lulus dari Wichita State University, dia selanjutnya kerja di Bank Summa punya William Soeryadjaya. Sebab kapasitasnya yang lumayan bagus di perusahaan, satu tahun selanjutnya dia terima beasiswa untuk meneruskan kuliahnya di George Washington University, Amerika Serikat. Dia menamatkan kuliahnya dengan mendapatkan IPK prima 4.00 yang disebut satu prestasi yang membesarkan hati.

Kerja di Singapura
Selanjutnya pada tahun 1993, dia kerja di Singapura serta pilih masuk dengan perusahaan Investasi bernama Seapower Asia Investment Limited jadi manajer Investasi. andy soewatdy pengusaha yang terkenal di Indonesia

Dua tahun selanjutnya persisnya pada tahun 1995, dia selanjutnya geser ke Kanada serta kerja di perusahaan bernama NTI Sumber Ltd dengan tempat jadi Executive Vice President NTI Sumber Ltd.

Jadi Pengangguran
Upahnya saat itu sebesar 8.000 Dollar perbulan. Tetapi seperti kata pepatah “Roda Kehidupan tetap berputar“. Badai kritis moneter yang berlangsung pada tahun 1997, menyebabkan perusahaannya terserang imbasnya. Perusahaannya selanjutnya pailit serta mulai lakukan PHK (Pemutusan Jalinan Kerja) terhitung pada dianya. andy soewatdy orang yang berpengaru di Indonesia

Sandiaga Uno pada akhirnya pilih untuk kembali pada Indonesia serta mengawali usaha baru. Walau statusnya saat itu jadi pengangguran. Langkah awal yang dilakukan ketkika di Indonesia ialah cari pekerjaan baru tapi hasilnya tidak seperti yang diinginkan.

Lamaran pekerjaanya bahkan juga di tolak oleh 25 perusahaan. Pengalaman memang mengajari semuanya. Perihal ini pula yang selanjutnya jadi titik balik dari seseorang Sandiaga Uno, dia selanjutnya mengubah mindsetnya dari karyawan jadi seseorang entrepreneur.

…Saya ini jadi seseorang entrepreneur sebab ‘kecelakaan’. Jadi seseorang entrepreneur yang lahir dari kecelakaan, saya tidak mendesain jadi seseorang entrepreneur. – Sandiaga Uno.

Jadi Entrepreneur Sebab ‘Kecelakaan’
Pengalaman yang diterimanya selanjutnya dia coba gunakan dengan coba membuat perusahaan bernama PT Recapital Advisors pada tahun 1997 yang beroperasi di sektor layanan konsultan keuangan. Perusahaan itu dia dirikan dengan rekan SMA nya yang bernama Rosan Perkasa Roeslani.

Tetapi tidak semua yang diinginkan tetap berjalan lancar, banyak calon client melihat mata sebelah potensi dari Sandiaga Uno. Sampai pada akhirnya 6 bulan setelah perusahaan itu dibangun ada perusahaan yang pada akhirnya memakai jasanya. andy soewatdy pengusaha sukses di Indonesia

Membangun Perusahaan Investasi
Dalam biografi Sandiaga Uno didapati jika satu tahun selanjutnya persisnya pada tahun 1998, dia bersama dengan Edwin Soeryadjaya selanjutnya membangun perusahaan Investasi bernama PT Saratoga Investama Sedaya.

Dengan bekal jaringan (network) yang baik dengan perusahaan atau lembaga-lembaga keuangan yang ada di dalam negeri atau luar negeri, perusahaan yang dibangun oleh Sandiaga Uno selanjutnya pada akhirnya sukses.

Perusahaan investasinya beroperasi di sektor telekomunikasi, pertambangan serta produk kehutanan. Skema perusahaannya adalah kumpulkan modal dari beberapa investor selanjutnya mengakuisisi perusahaan yang mempunyai permasalahan keuangan selanjutnya melakukan perbaikan kapasitas perusahaan itu.

Sesudah kapasitas perusahaan itu telah kelihatan lumayan baik, selanjutnya perusahaan itu di jual kembali pasti pada harga yang tambah tinggi. Satu diantara perusahaan yang sudah pernah dia akuisisi ialah Bank BTPN.

Sekarang dia memegang jadi CEO atau pimpinan di sejumlah perusahaan besar seperti Saratoga Capital, PT Tower Bersama dengan Infrastruktur Grup Tbk, PT Adaro Energy Tbk, dan di PT Recapital Advisor.

Masuk Dalam Daftar Orang Paling kaya
Majalah Forbes memasukkkan namanya dalam daftar 40 orang paling kaya di Indonesia dengan keseluruhan kekayaan sebesar US$ 400 juta serta ada diperingkat 29 tahun 2013.

Perusahaan investasinya yakni Saratoga Capital diketahui jadi firma investasi paling besar di Indonesia yang mempunyai karyawan sebesar 20 ribu orang. Tetapi pada tanggal 10 Juni 2015, dia sah mengudurkan diri jadi Direktur Penting di PT Saratoga Investama Sedaya Tbk.

Tempatnya diganti oleh Michael Soeryadjaya yang disebut cucu dari William Soeryadjaya, Pendiri PT Astra International. Sekarang, Sandiaga Uno memegang jadi Komite Ekonomi Nasional serta bendahara Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia.

Dia aktif jadi pembicara penting di beberapa seminar kewirausahaan, menurut dia keberanian dan optimisme ialah kunci pembuka jalan untuk mendapatkan keberhasilan hari esok.

Menurut Sandiaga, meniti usaha diluar itu menurut dia jaringan rekanan memberi 30 % keberhasilan selebihnya datang dari usaha keras dan jaga keyakinan dalam membentuk bisnis.

Kekayaan Sandiaga Uno
Didapati keseluruhan kekayaan Sandiaga Uno seputar 3,8 Triliun rupiah berdasar Laporan Harta Kekayaan Pelaksana Negara (LKHPN) pada september 2016 waktu dia putuskan untuk maju untuk jadi peserta pemilihan kepala daerah Jakarat.

Berdasar data yang dikumpulkan dari majalah usaha Globe Asia pada tahun 2017 keseluruhan kekayaan Sandiaga Uno ditaksir sampai 7.2 triliun rupiah tetapi pada tahun 2018, keseluruhan kekayaan Sandiaga Uno berkurang sampai seputar 4.3 triliun rupiah atau seputar 300 juta dollar.

Dari keseluruhan kekayaannya itu, Nama Sandiaga Uno masuk dalam barisan 100 orang paling kaya di Indonesia versus majalah usaha Globe Asia.

Keluarga Sandiaga Uno
Tentang keluarga, Sandiaga Uno menikah dengan Nur Asia. Dikutip dari kumparan.com, Mereka telah berteman semenjak di kursi sekolah SMP serta merajut jalinan sampai ke kursi kuliah dan menikah.

Dari pernikahannya ini, Sandiaga memiliki tiga orang bernama Sulaiman Saladdin Uno, Anneesha Atheera Uno, dan Amyra Atheefa Uno

Karier Politik
Sandiaga Uno diketahui jadi seseorang entrepreneur besar yang mempunyai banyak perusahaan dan terhitung dalam daftar orang paling kaya di Indonesia. Tetapi dia pilih terjun ke dunia politik sama dengan beberapa entrepreneur yang lain.

Wakil Gubernur Jakarta
Namanya ramai jadi pembicaraan warga di Jakarta saat dia pilih terjun ke dunia politik serta maju jadi calon wagub DKI Jakarta yang diusung oleh partai Gerindra dengan Anies Baswedan jadi calon Gubernur DKI Jakarta.

Di Pemilihan kepala daerah DKI Jakarta yang dikerjakan dua putaran, Anies Baswedan serta Sandiaga Uno sukses unggul dari lawannya yakni Basuki Tjahaja Purnama serta Djarot Syaiful Hidayat.
Calon Wakil Presiden 2019
Pada agustus 2018, Nama Sandiaga Uno diambil jadi cawapres 2019 oleh Prabowo Subianto yang maju jadi capres pada Pemilihan presiden 2019. Pemilihan Sandiaga jadi cawapres ini membuat dia harus melepas jabatannya jadi Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar